Articles

Nanoteknologi dalam Aplikasi Ilmu Kedokteran: Teknik Terapi

Ilustrasi: Carbon Nano Tube (CNT) secara visual (www.extremetech.com)

Para peneliti telah menunjukkan sebuah metode untuk menghasilkan gelombang suara yang kuat dan terfokus yang dapat digunakan untuk prosedur operasi non-invasif.

Mereka menggunakan lensa dilapisi dengan carbon nanotube (CNT) untuk mengkonversi cahaya dari laser untuk gelombang suara terfokus. Tujuannya adalah untuk mengembangkan sebuah metode yang bisa menghancurkan tumor atau bagian tubuh lainnya yang sakit tanpa merusak jaringan yang sehat. Para peneliti sedang menyelidiki penggunaan nanopartikel bismut untuk memfokuskan radiasi yang digunakan dalam terapi radiasi untuk mengobati tumor-kanker.

Hasil awal menunjukkan bahwa nanopartikel bismut akan meningkatkan dosis radiasi untuk menghancurkan tumor sebesar 90 persen. Nanopartikel terdiri dari polyethylene glycol-hydrophilic carbon clusters (PEG-HCC) telah terbukti menyerap radikal bebas pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada protein keluar tubuh. Kemampuan untuk menyerap radikal bebas dapat mengurangi bahaya yang disebabkan oleh pelepasan radikal bebas setelah cedera otak.

Terapi ini sedang dikembangkan untuk menghancurkan tumor kanker payudara. Dalam metode ini, antibodi ditarik oleh protein yang diproduksi oleh sel kanker payudara setipe yang melekat pada nanotube, yang menyebabkan nanotube berakumulasi di tumor. Sinar inframerah dari laser diserap oleh nanotube dan menghasilkan panas yang dapat menghancurkan tumor.(adm)

Sumber: http://www.understandingnano.com/medicine.html

Our Partners

Kontak Support

Anda bisa menghubungi Kontak Support kami di bawah ini untuk segala pertanyaan yang berhubungan dengan Website dan Nano World Indonesia

Status YM

Status YM

Jalan Cempaka Gang Mondokaki No. 2RT 10 RW III Deresan, Sleman, DI Yogyakarta

Email: nwi@nano.or.id 

Temukan Kami